Senin, 10 Oktober 2016

Bahaya Mie Instan Bagi Ibu Hamil

Bahaya Mie Instan Bagi Ibu Hamil


Bahaya mie instan bagi ibu hamil | Buat ibu hamil, banyak yang ingin merasakan masakan kuah dan bercita rasa gurih bisa ditemukan pada mie instan. Sayangnya mengkonsumsi mie instan secara berlebihan sangat tidak bagus untuk kesehatan. Tidak hanya untuk ibu hamil saja, orang yang sedang tidak hamil pun tidak boleh mengkonsumsi mie instan secara berlebihan. Efek dari mengkonsumsi mie instan yang berlebihan bisa membuat janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil terganggu. Tidak hanya janin saja yang dirugikan dengan kandungan dalam mie instan, namun juga berdampak pada kesehatan ibu hamil itu sendiri.



Kandungan Zat dalam Bahaya Mie Instan


Dampak kesehatan yang merugikan setelah mengkonsumsi mie instan tersebut, banyak disebabkan oleh kandungan berbahaya di dalam mie instan. Bagi ibu hamil dan juga masyarakat harus tahu dengan dampak yang dihasilkan dari kandungan mie instan itu. Berikut ini kandungan dalam mie instan yang harus diketahui :


1. Natrium


Penelitian yang dilakukan terhadap mie instan, ternyata di dalam mie instan terdapat zat natrium yang berbahaya bagi tubuh. Natrium atau yang biasa disebut dengan Na ini bisa membahayakan kesehatan tubuh yang memakannya. Terlalu banyak mengkonsumsi mie instan bisa menyebabkan hipertensi dan juga maag akut. Dalam satu bungkus mie instan terdapat natrium sebanyak 1.380 miligram. Kandungan tersebut temasuk dalam jumlah yang tinggi.


2. Lilin


Banyak masyarakat yang tidak percaya jika mie instan mengandung lilin. Padahal lilin benar-benar ada di dalam kandungan mie instan. Zat lilin dalam mie instan tersebut digunakan untuk membuat mie instan menjadi tidak lengket. Kita bisa memperhatikan ketika mie instan tersebut direbus, saat direbus mie instan akan bisa memisahkan diri dengan sendirinya dan tidak lengket satu sama lain. Selain itu, jika anda jeli memperhatikan, permukaan mie instan terlihat mengkilat hal itu dikarenakan kandungan zat lilin di dalam mie tersebut. Semakin banyak ibu hamil dan masyarakat mengkonsumsi mie instan, itu artinya telah banyak memasukkan zat lilin kedalam tubuh . Coba saja kita bayangkan jika lilin dimasukkan ke dalam tubuh kita, bagaimana tubuh kita akan bereaksi?


3. MSG


Yang paling berbahaya dalam mie instan adalah bumbunya. Kalau tidak percaya, anda bisa menyiramkan kuah mie instan yang telah diberikan bumbu ke tanaman. Dalam jangka minimal seminggu, tanaman yang setiap harinya disiram menggunakan kuah mie instan tersebut bisa mati. Begitu pula dengan bumbu mie instan yang masuk ke dalam tubuh secara terus menerus.


Hal itu bisa membuat organ tubuh kita banyak yang tidak berfungsi atau bahkan rusak. Seperti saat bumbu mie instan merusak jaringan yang ada di dalam tumbuhan tersebut. Di dalam bumbu mie instan terdapat MSG, MSG itulah yang membuat citarasa bumbu mie instan menjadi gurih. MSG yang dikonsumsi berlebihan sangat tidak bagus untuk pertumbuhan janin dan kesehatan ibu hamil.


4. Penambah Rasa


Penambah rasa juga ada pada kandungan mie instan, penambah rasa ini banyak mengandung flavor.  Mengkonsumsi flavor secara berlebihan dan membiarkannya menumpuk di dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. Penambah rasa ini juga membuat citarasa mie instan semakin nikmat dan tersedia dalam beraneka rasa. Misalnya saja rasa soto sapi, rasa ayam bawang, rasa ayam kari dan masih banyak lagi lainnya. Banyaknya citarasa yang ditawarkan membuat orang sulit berpaling dari mie instan.


5. Zat Pengawet


Mie instan juga memiliki zat pengawet, zat pengawet tersebutlah yang membuat mie instan awet disimpan dalam jangka waktu yang lama. Zat pengawet tersebut sangat berbahaya jika masuk terlalu banyak di dalam tubuh.


6. Zat Kimia


Zat kimia juga ada di dalam mie instan.


7. Kalori


Mie instan juga tinggi akan kalori. Kalori yang berlebihan bisa menimbulkan dampak kesehatan yang serius.



Apa Saja Bahaya Mie Instan Bagi Ibu Hamil??


Setelah mengetahui kandungan yang berbahaya dalam mie instan, sekarang akan dibahas tentang bahaya ibu hamil yang makan mie instan. Ibu hamil harus tahu apa saja makanan yang menjadi pantangan selama ibu hamil. Mie instan merupakan salah satu makanan yang masuk ke dalam daftar salah satu makanan yang menjadi pantangan makanan tersebut. Berikut ini berbagai macam bahaya ibu hamil makan mie instan :


1. Maag Akut Atau Maag Kambuh


Kandungan natrium yang ada pada mie instan bisa menyebabkan maag akut pada ibu hamil terutama ibu hamil yang memiliki riwayat asam lambung. Ibu hamil yang memiliki maag juga akan merasakan perih saat mengkonsumsi mie instan, namun perbedaan mual hamil atau maag harus bisa dibedakan. Penyebab kandungan natrium pada mie instan bisa menyebabkan maag adalah berikut ini :


- Natrium yang ada pada mie instan bisa menetralkan asam lambung.


- Asam lambung yang dinetralkan bisa membuat lambung bisa melakukan sekresi asam dalam jumlah yang besar.


- Sekresi itu bertujuan agar mie instan yang masuk ke dalam lambung bisa dicerna dengan baik.


- Terlalu banyaknya asam yang dikeluarkan oleh lambung membuat kadar asam lambung mengalami peningkatan.


- Asam lambung yang mengalami peningkatan bisa mengkikis dinding lambung, pengkikisan dinding lambung itu menyebabkan rasa perih pada lambung.


- Peningkatan asam lambung itu juga menyebabkan penyakit asam lambung menjadi kambuh.


- Jika dinding lambung terkikis terus menerus, ibu hamil bisa mengalami maag akut dengan kondisi dinding lambung yang sudah berlubang.


Ibu hamil muda bisa mengalami mual dan muntah hebat ketika asam lambung kambuh, sedangkan ibu yang hamil tua juga akan merasakan tidak nafsu makan. Ibu yang hamil tua itu merasakan mual dan muntah seperti morning sickness kembali.


2. Hipertensi


Natrium yang ada di dalam mie instan bisa menyebabkan ibu hamil mengalami hipertensi dalam kehamilan (tekanan darah tinggi). Tekanan darah tinggi ini juga dikait-kaitkan dengan kadar asam lambung yang tinggi di dalam lambung. Penyebabnya adalah kadar asam lambung yang tinggi bisa menyempitkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi meningkat. Ibu hamil yang mengalami hipertensi rentan untuk terkena penyakit komplikasi kehamilan yang sangat membahayakan.


3. Rusaknya Sistem Pencernaan Tubuh


Zat lilin yang terlalu banyak dimasukkan ke dalam tubuh bisa menyebabkan sistem pencernaan ibu hamil rusak. Jika sistem pencernaan rusak, makanan tidak bisa maksimal diserap oleh tubuh. Hal itu bisa berakibat pada kurangnya gizi ibu hamil yang masuk ke dalam tubuh sebagai nutrisi janin. Rusaknya sistem pencernaan tersebut diakibatkan oleh kandungan zat lilin. Makanan berbahaya ibu hamil yang mengandung zat, kemudian ke dalam pencernaan tubuh akan sulit dicerna dan akan memberatkan sistem pencernaan. Jika terus-terusan dihadapkan pada zat lilin, sistem pencernaan tersebut dipaksa untuk bekerja berat sehingga bisa menyebabkan kerusakan.


4. Mengalami Keguguran


Zat kimia di dalam mie instan serta zat pengawetnya bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran. Zat dalam mie instan itu bisa menembus ke dalam plasenta dan menyebabkan keguguran.


5. Menganggu Pertumbuhan Janin


Bahaya ibu hamil makan mie instan juga karena adanya kandungan MSG atau vetsin yang bisa menyebabkan perkembangan janin terganggu. Sama halnya dengan kandungan berbahaya dalam mie instan, MSG ini juga bisa masuk ke dalam plasenta dan menyebabkan janin terganggu pertumbuhannya.


6. Sakit Kepala


Ibu hamil akan mengalami sakit kepala jika terlalu sering mengkonsumsi mie instan. Kandungan MSG atau vetsin pada mie instan bisa menyebabkan gangguan kehamilan, yakni sering mengalami sakit kepala.


7. Mual


MSG yang masuk berlebihan di dalam tubuh ibu hamil akan merangsang mual. Kandungan natrium pada mie instan tersebut juga menyebabkan kadar sam lambung ibu hamil menjadi tinggi. Kadar asam lambung yang tinggi itulah yang menjadi penyebab ibu hamil akan merasakan mual.


8. Muntah


Ibu hamil juga akan mengalami muntah yang ekstrem jika dia mengkonsumsi mie instan secara berlebihan.


9. Lemas


Bahaya ibu hamil makan mie instan bisa menimbulkan rasa lemas, sebab mie instan meski memiliki karbohidrat namun tidak sebanyak pada nasi. Oleh sebab itu, mengapa mengkonsumsi mie instan meski dalam jumlah yang banyak tubuh akan tetap terasa lemas.


10. Mengganggu Kecerdasan Otak Janin


Kandungan berbahaya dalam mie instan dan juga kandungan MSG dalam mie instan bisa mengganggu kecerdasan otak janin. Bahaya MSG bagi ibu hamil dan kandungan berbahaya tersebut bisa masuk ke dalam tubuh janin dan merambat ke otak, jika sudah terganggu dengan MSG serta bahan kimia tersebut akibatnya adalah janin akan mengalami gangguan kecerdasan otak.


11. Metabolisme Terganggu


Zat pengawet dan juga zat penguat rasa pada mie instan bisa mengganggu metabolisme tubuh ibu hamil maupun metabolisme janin ibu. Karena metabolismenya terganggu, ibu hamil rentan untuk terkena penyakit degenerative.


12. Kanker


Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi mie instan dalam jumlah banyak sebab bisa menyebabkan janin yang ada di dalam kandungannya terkena kanker. Kanker yang bisa menyerang janin dimana ibunya suka mengkonsumsi mie instan adalah penyakit kanker usus.


13. Diabetes


Mengkonsumsi mie instan juga bisa menyebabkan ibu hamil terkena diabetes. Mie pada mie instan dibuat dari olahan tepung. Tepung memiliki kadar gula yang tinggi, jika dikonsumsi terus menerus gula di dalam tubuh kadarnya akan meningkat sehingga ibu hamil rentan untuk terkena diabetes. Diabetes tidak boleh disepelekan sebab diabetes sangat berbahaya bagi ibu hamil itu sendiri dan janin yang mendatangkan bahaya obesitas bagi ibu hamil.


14. Stroke


Hipertensi yang diderita oleh ibu hamil bisa membuat ibu hamil tersebut terkena stroke. Stroke bisa disebabkan oleh hipertensi yang membuat aliran darah ke otak menjadi terganggu, karena pembuluh darah yang menuju ke otak mengalami penyempitan.


15. Sistem Imun Melemah


Bahaya ibu hamil makan mie instan karena memiliki zat kimia bernama propylene glycol. Zat kimia itu bisa membuat sistem imun tubuh ibu hamil menjadi melemah, ibu hamil pun rentan terkena berbagai macam penyakit jika sistem imunnya melemah.


16. Hati Menjadi Rusak


Ibu hamil yang mengkonsumsi mie instan secara berlebihan bisa membuat hati menjadi rusak. Alasannya adalah kandungan zat propylene glycol tersebut bisa membuat penangkal racun yang masuk ke dalam hati menjadi rusak. Jika itu terjadi, hati bisa terserang oleh banyak racun. Banyaknya racun di dalam hati bisa menyebabkan kerusakan. Hati ibu yang rusak bisa berpengaruh terhadap kesehatan bayi. Bayi rentan terkena hepatitis dan juga sirosis hati.


17. Ginjal Dan Jantung


Zat kimia dalam mie instan juga akan membuat penangkal racun di organ ginjal dan juga jantung menjadi hilang. Akibatnya ginjal dan juga jantung rentan terserang racun, jika banyak racun mengendap di dalam organ tersebut. Ibu hamil rentan terkena sakit ginjal dan juga sakit jantung.


18. Obesitas


Komposisi pembuatan mie instan memiliki kandungan lemak dan juga garam. Garam dan lemak tersebut bisa menyebabkan ibu hamil terkena obesitas. Ibu hamil yang mengalami obesitas sangat berbahaya sebab bisa membahayakan janin yang ada di dalam kandungannya. Dampak nyata dari larangan ibu hamil ini, adalah membuat janin dan ibu hamil itu sendiri mengalami diabetes.


Bahaya ibu hamil makan mie instan sering diabaikan oleh ibu yang sedang hamil, hal tersebut bisa disebabkan oleh kebiasaan sebelum hamil yang terbawa sampai saat hamil. Tidak hanya itu saja, citarasa segar dan gurih pada mie instan tersebut membuat ibu hamil merasakan ketagihan dengan citarasa dari mie instan tersebut. Oleh sebab itulah, pengetahuan akan efek konsumsi mie instan yang nerlebiha, perlu diketahui oleh banyak orang. Diharapkan konsumsi mie instan dibatasi terutama pada ibu yang sedang hamil. dan jangan lupa simak terus obatpenyuburkandunganagarcepathamil.xyz untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainya.


Baca Juga : Dampak Negatif Minuman Beralkohol Bagi Tingkat Kesuburan Pria

1 komentar: