Rabu, 26 Oktober 2016

Lebih Dari 50% Penyebab Kemandulan Di Sebabkan Oleh Pria

Lebih Dari 50% Penyebab Kemandulan Di Sebabkan Oleh Pria


Kasus kemandulan atau infertilitas selama ini identik sebagai masalah perempuan semata. Padahal menurut data, lebih dari 50 persen penyebab kemandulan justru datang dari pria.


"Diperkirakan saat ini kasus infertilitas yang terjadi di dunia sebesar 15 persen. Dan lebih dari 50 persen penyebab kemandulan tersebut datang dari kaum pria," kata Sigit Solichin, ahli urologi Rumah Sakit Bunda Menteng pada sebuah diskusi infertilitas pria beberapa waktu lalu.


Lebih Dari 50% Penyebab Kemandulan Di Sebabkan Oleh Pria


Kasus kemandulan merujuk pada pasangan suami istri yang sudah melakukan hubungan badan secara normal tanpa kontrasepsi selama lebih dari setahun, namun belum juga ada tanda kehamilan.


Jika demikian, ada salah satu yang tidak beres atau kurang subur dari kedua belah pihak pasutri.


Untuk dapat dikatakan subur, produksi sperma harus sehat dan cukup. Mulai dari berfungsinya testis secara normal, seimbangnya kondisi hormon, serta cukupnya jumlah sperma setiap kali ejakulasi.


Jumlah sel sperma baru bisa dikatakan cukup bila lebih atau sama dengan 39 juta sel per ejakulasi. Selain jumlah, gerak dan bentuk juga berpengaruh pada kualitas sperma dalam membuahi sel telur.


"Ada beragam faktor yang menyebabkan pria infertil. Biasanya ditemukan kelainan setelah dilakukan analisis medis," Sigit menerangkan.


Menariknya, 31 persen kasus infertilitas yang ia temukan justru tidak memiliki kelainan apa pun. Artinya, penyebabnya tidak diketahui. Baru penyebab terbesar ke-dua diketahui, yakni varikokel. Kasusnya sebanyak 15 persen.


Varikokel merupakan pelebaran pembuluh darah vena di testis pria. Penyebab verikokel sendiri masih belum diketahui secara pasti. Tapi yang pasti penyakit itu menyebabkan jumlah, kualitas, dan gerakan sperma yang dihasilkan testis menurun.


Pelebaran pembuluh darah vena di area itu menyebabkan suhu testis dan kotoran seperti karbon dioksida meningkat. Akibatnya lagi, kualitas dan kuantitas produksi sperma pun akan menurun.


Beberapa kejadian lain yang menyebabkan pria tak subur berkaitan dengan cedera dan cacat.


Misalnya, testis yang tak turun ke kantung kemaluan, infeksi saluran kandung kemih, gangguan pada cairan sperma, higonad, sumbatan pada saluran sperma, masalah imunitas, hingga cedera yang menyebabkan terganggunya sistem reproduksi pria. Semua bisa jadi penyebab infertil.


Masalah gaya hidup juga diakui Sigit memicu infertilitas. Merokok misalnya, menurunkan jumlah dan daya hidup sperma. Konsumsi alkohol dalam waktu lama juga menurunkan kesuburan pria.


Menariknya, olahraga berlebihan juga bisa menyebabkan meningkatnya hormon adrenalin yang berujung pada menurunnya testosteron. Alhasil, itu juga mengurangi kesuburan pria.


Selain soal fisik, ternyata ada pula faktor lain yang tak kasat mata dan memengaruhi kesuburan pria.


"Kalau dilihat dari faktor fisik, itu dapat ditangani secara medis. Namun, faktor sosial dan mental sebenarnya berperan penting pula dalam kesuburan pria," kata Kasyunnil Kamal, ahli okupasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.


Faktor sosial yang dimaksud seperti hubungan dengan seseorang yang berujung pada kondisi mental pria. Bukan hanya itu, pekerjaan pun dapat menjadi faktor dalam memengaruhi kesuburan.


Menurut Kasyunnil, berbagai pekerjaan memiliki faktor risiko yang dapat berdampak pada kesuburan. Misalnya, penggunaan bahan kimia yang berbahaya bagi kualitas sperma, stres berlebih dan jangka panjang, serta aktivitas yang berkaitan dengan panas dan risiko cedera.


Meskipun tidak ada pekerjaan yang benar-benar 'bersih' dan tidak mengancam kesuburan pria, 'mimpi buruk' itu dapat ditangani bila suami dan istri bekerja sama dengan dokter mencari solusi ataupun pencegahan sedini mungkin.


"Kalau dari yang saya alami, laki-laki memang lebih egois. Masih banyak yang mengira bahwa masalah mandul itu disebabkan dari perempuan. Namun saya merasa dengan edukasi yang semakin baik, pola pikir tersebut dapat berubah," kata Kasyunnil.


Beberapa penelitian menemukan sebagian bahan dapat dimanfaatkan dalam penanganan masalah kesuburan pada pria. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports Maret lalu misalnya, menemukan bahwa asupan tambahan zinc pada pria dengan masalah kesuburan dapat membantu memecahkannya.


Sebab, kandungan zinc dalam air mani pria yang mengalami masalah kesuburan ternyata rendah.


Jika ingin mengikuti saran itu, melansir Health, ada beberapa makanan yang diketahui memiliki kandungan zinc tinggi. Pria dengan masalah kesuburan bisa mengonsumsi kerang, daging sapi, kepiting, serealia, kacang mede, dan oat.


Atau melakukan pengobatan dengan menggunkan obat herbal alami Vig Power Capsule obat herbal alami yang ampuh mengatasi segala macam masalah seksualitas pria dewasa dengan cepat, aman, alami, dan tentunya tanpa efek samping yang akan membahayakan tubuh.


Untuk informasi selengkapnya mengenai obat herbal alami ini dapat adan simak informasinya di websaite Obat Pengental Sperma.


Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai lebih dari 50% penyebab kemandulan di sebabkan oleh pria semoga dapat membantu salam sehat darikami Toko Zahra Herbal untuk seluruh keluarga Indonesia.


Baca Juga :


Cara Gampang Menjaga Kandungan


Penyebab Kemandulan Pada Pria Yang Belum Di Ketahui


Home :


obatpengentalsperma.xyz


 

3 komentar: