Jumat, 21 Oktober 2016

Waspadai Penyebab Kemandulan Pada Pria

Waspadai Penyebab Kemandulan Pada Pria


Apakah peran kaum pria dalam pembuahan hanya cukup dengan memproduksi sperma dan meletakannya di dalam mulut rahim wanita? Tentu saja tidak! Pria juga dituntut untuk memiliki kulaitas dan kuantitas sperma yang memadahi. Sehingga sperma sehat itu cukup kuat untuk berenang ke saluran telur wanita guna bertemu dengan sel telur. Minimal dibutuhkan sebanyak 20 juta sel sperma per mililiter air mani, jika ingin pembuahan terjadi dengan sukses. Bagaimana jika jumlah dan mutu sperma tidak sebagus itu? Jangan buru-buru berkecil hati dan menganggap diri mandul! Sebab setiap masalah pasti pencegahan dan solusinya!


Beberapa pakar kesehatan reproduksi menyebutkan adanya dua kondisi yang menyebabkan pria kurang subur. Yang pertama yaitu varicocele dan yang kedua adalah penyakit menular seksual (PMS). Varicocele adalah semacam varises pada pembuluh darah balik di sekitar testis yang menyebabkan pembuluh melebar sedangkan klep vena tetap, sehingga aliran darah menjadi tidak lancar dan terjadi aliran balik. Maka darah terperangkap di sekitar testis. Akibatnya suhu testis akan lebih tinggi dari suhu ideal yang baik untuk produksi sel benih. Sedangkan PMS adalah penyakit yang disebabkan infeksi mikro organisme yang dapat menyebabkan menurunnya kualitas sperma. Misalnya gonore dan raja singa. Pengobatan tanpa operasi bisa memperbaiki kulaitas dan kuantitas sperma jika varicocele yang diidap masih ringan. Jika sudah parah, operasi untuk melancarkan pembuluh vena yang mengalami varises bisa dilakukan. Sedangkan PMS dengan gejala gatal-gatal, luka pada alat kelamin, dan kencing nanah, mudah diobati jika pasien mau berobat secara disiplin. PMS seperti HPV genital, klamidia, herpes kelamin, gonore, sifilis, dan moluskum bisa dicegah penularannya dengan menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual.


Waspadai Penyebab Kemandulan Pada Pria


Gangguan pada sistem reproduksi yang harus diwaspadai kaum pria lainnya antara lain Hipogonadisme atau penurunan fungsi testis akibat gangguan interaksi hormon, seperti hormon androgen dan testoteron, sehingga menyebabkan infertilitas, impotensi dan tidak adanya tanda-tanda kepriaan. Tapi bisa ditangani dengan terapi hormon. Kriptorkidisme atau kondisi dimana satu atau kedua testis tidak bisa turun dari rongga abdomen ke dalam skrotum dan terjadi saat masih bayi. Bisa ditangani dengan pemberian hormon human chorionic gonadotropin untuk merangsang terstoteron atau dilakukan pembedahan. Uretritis atau peradangan uretra dengan gejala rasa gatal pada penis dan sering buang air kecil akibat kuman Chlamydia Trachomatis, Ureplasma Urealyticum atau Virus Herpes. Bisa diatasi dengan pengobatan. Prostatitis atau peradangan prostat akibat infeksi bakteri Escherichia coli. Epididimitis atau infeksi pada saluran reproduksi pria oleh bakteri Ecoli dan Chlamydia.Orkitis atau peradangan testis akibat virus parotitis sehingga mengakibatkan infertilitas. Infeksi virus bisa diobati, tentu saja butuh kesabaran dan ketelatenan dalam berobat.


Kaum pria juga harus waspada jika ada gejala-gejala kecil pada organ reproduksinya. Sakit saat buang air kecil atau ejakulasi biasanya disebabkan peradangan prostat akibat cedera, infeksi, terlalu sering mandi air panas, minum alkohol, makan makanan pedas, kafein dan duduk terlalu lama. Sindrom semacam ini bisa dicegah dengan menghindari penyebab-penyebab di atas. Ruam merah di selangkangan disebabkan oleh jamur akibat kondisi lembab dan bisa menular melalui hubungan seksual. Pencegahannya dengan memperhatikan kebersihan celana dalam, mandi setelah berolahraga, dan mengeringkan selangkangan sebelum memakai celana dalam. Nyeri testis atau buah zakar akibat trauma tendangan atau saluran spermatika terpuntir sehingga tidak ada aliran darah ke testis. Jika tidak segera diobati, pria bisa kehilangan testis. Untuk itu pria perlu menghindari celana yang ketat, mengenakan pakaian keselamatan saat bekerja dan memilih bahan nilon atau mesh yang mencegah gerakan berlebihan.


Untuk meningkatkan kesuburan pria, dibutuhkan gaya hidup sehat dan vitalitas tubuh, sehingga pria mampu memproduksi sperma yang sehat. Suhu yang sejuk pada testis diperlukan untuk memproduksi sel sperma yang sehat. Buah zakar yang melindungi testis diciptakan menggantung di luar tubuh agar suhunya lebih rendah dari suhu tubuh normal. Agar kualitas dan kuantitas sperma bagus, sebaiknya mengurangi kebiasaan berendam di air panas. Menghindari rokok juga penting, sebab merokok menambah risiko kemandulan dan disfungsi ereksi pada pria. Nikotin membuat darah mengental sehingga tidak bisa beredar dengan lancar, termasuk di pembuluh darah alat kelamin. Mengkonsumsi makanan sehat membantu produksi hormon yang mempengaruhi perkembangan sperma dan produksi testosteron di testis. Alkohol dan obat bius pun harus dijauhi karena berpengaruh buruk pada kualitas dan kuantitas sperma, mengurangi produksi testosteron, dan dapat menyebabkan disfungsi ereksi dan hilangnya libido. Kaum priapun harus waspada pada materi beracun karena zat kimia seperti pestisida, herbisida, cat, pernis kayu, lem, dan logam berat menyebabkan gangguan keseimbangan hormon reproduksi. Menjaga berat badan dengan makan secara benar. Nutrisi membantu mengatur hormon tubuh dan memelihara sistem reproduksi. Olahraga teratur terutama berjalan, jogging, berenang, dan bersepeda yang mampu menyembuhkan ketidaksuburan. Cukup istirahat juga mempengaruhi tingkat kesuburan pria, sebab sering begadang bisa menurunkan kesuburan. Menghindari radiasi sinar X, karena bisa memberi pengaruh buruk terhadap kesuburan pria.


Ataupun dengan cara lain yaitu dengan cara melakukan pengobtan dengan menggunakan obat herbal alami Vig Power Capsule obat herbal alami yang ampuh mengatasi segala macam gangguan kesehtan seksualitas pria dewasa kami merekomendasikan obat herbal alami Vig Power Capsule karena obat ini 100% asli terbuat dari bahan herbal alami tanpa tambahan bahan kimia yang akan merusak sela atau jaringan dalam tubuh jadi, sangat berkhasiyat dan tentunya aman di gunakan dan untuk mengetahui lebih mengenai obat herbal alami Vig Power Capsule dapat anda simak di obatpengentalsperma.xyz. Dan terimakasih telah menyimak pembahasan di atas mengenai waspadai penyebab kemandulan pada pria mudah mudahan informasi ini dapat bermanfaat, salam sehat untuk seluruh keluarga indonesia.


Baca Juga : 9 Masalah Kesehatan Akibat Meroko


                : 7 Hal Yang Dapat Merusak Kesehatan Mata

1 komentar: